banner
Posted by Fadholi on December 9th, 2010
Masalah henpon tidak bisa dicharge penyebabnya adalah komplek, bisa karena putus sekring, putus jalur, software yang bermasalah dan lain sebagainya.
Untuk memperbaiki henpon yang tidak bisa di chas tentu harus dianalisa satu persatu sesuai dengan kasus yang ada. Namun untuk artikel kali ini saya tidak menjelaskan langkah2 yang sedetil2nya terhadap kasus kerusakan semacam ini terlebih lagi karena tiap merk dan tipe ponsel meskipun sama2 mengalami kerusakan yg sama (tdk bs dices) mempunyai karakteristik yg berbeda.
Pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan tips memperbaiki ponsel nokia 1200, 1208 dan sekelasnya. Mengingat keluaran nokia dg seri 12 ini paling rawan dan sering mengalami kerusakan dimana henpon tidak bisa dichas.
Sebenarnya tips ini adalah tips jadul. Semua teknisi pasti sudah mengenal trik ini. Tujuan dari artikel ini adalah agar jika suatu saat kamu atau temanmu, atau keluarga kamu yang kebetulan memakai nokia tipe ini meskipun kamu bukan teknisi ponsel kamu tetap bisa membantu mereka untuk memperbaiki hanpon tersebut.
Lets we do it.
Pertama kali yang harus dilakukan ketika mendapati ponsel nokia 1200,1208 tidak bisa dichas, perhatikan konektor charger atau tempat colokan chas. Nokia tipe ini konektor chasnya rawan patah yakni pada kutub positif. Pada lubang konektor tersebut kamu harus menemukan sesuatu yang mirip sebatang jarum ditengah2nya. Jika tidak ada artinya konektor kutub positif (yg mirip jarum tadi) sudah patah. Inilah yang menyebabkan kenapa jika charger kita colokkan kesini hape ini tidak merespon untuk mengisi batre.
Trus apa yang harus dilakukan…?
Tentunya kita harus mengganti konektor yang rusak tadi. Tapi mengingat sparepart conector ini harganya lumayan mahal(15-20rb) dan bukan itu saja, untuk melepas konektor dari board dibutuhkan blower yang pastinya hanya dimiliki oleh tukang service hanpon dan belum lagi resiko bongkar pasang yg lumayan ribet maka saya tidak menyarankan untuk melakukan penggantian komponen ini.
Lah trus gimana dong…. ??
Gunakan saja jarum pentul yang biasanya dipake ibu2 itu…. :D bentuknya kaya gambar dibawah.
Sedang peralatan yg digunakan adalah tang potong dan obeng saja.
Jangan heran dan protes Pokoknya ikuti saja trik ini :D
sekarang lepas bajumu eh baju henponmu sampe telanjang bulat, buka semua bautnya dan bongkar semua mesin ponsel tersebut.
Ambil jarum pentul tadi kemudian cobalah untuk menancapkan ketempat seperti gambar dibawah.
Jika susah gunakan tang untuk membantu mendorong jarum tersebut menancap di belakang konektor charger. Atur posisi jarum sedemikian rupa agar posisinya bisa sama persis dg kutub positif dari konektor ini. Jika dirasa posisi jarum sudah mantap, potong kelebihan jarum tadi dengan tang potong.
Selanjutnya coba pasang kembali semua mesin hape sesuai pada tempatnya untuk melakukan pengujian apakah langkah yg kita lakukan tadi sudah benar atau belum. Colokkan charger ke konektor charger pada hape, dan… Jika semua langkah2 tadi dilakukan dengan benar maka hasilnya pasti Maknyus…

Semoga membantu…

Incoming search terms:

  • nokia 1208 tidak mengisi
  • nokia 1200 tidak mengisi
  • 1208 tidak mengisi
  • 1200 tidak mengisi
  • nokia 1209 tidak mengisi
  • nokia 1208 tidak bisa cas
  • kerusakan hp 1208 tidak mengisi
  • yhs-mystartdefault
  • nokia 1208 tidak bisa di cas
  • jalur nokia yang tidak bisa dicas

3 Responses to “Mengatasi nokia 1200,1208,1209 tidak bisa dichas”

  1. Alex

    Gambar yg terakhir gak nongol bos?

  2. Kalau dilihat pake pc nongol semua kok mas.. emang kalo dibuka pake hp gak keliatan..
    Tau nih belum sempat utak atik web soale masih super sibuk :bingung

  3. nazar

    terimakasih sebesar besarnya bos,,,, tdnya sy juga pening mengatasi hal ini. tp setelah sy baca artikel ini, sy langsung kroscek hp 1200 ini. sy hidupkan senter trus sy teropong deh didalamnya, ternyata iya benar, konektor positif charger hp tsb patah, huuufff… sekali lg makasih ya boooossssss….! skrng saya akan tangani segera seperti tips bos katakan. pake jarum pentul ya bos,, ? oya bos,,, gambar terakhirnya kok gak ada ya bos… upload donk,,, biar gak salah nanti gue. tapi kalo sibuk ya dah lah gak pa2.. saya coba akal2li,, mudah2an berhasil ya bos.makasi makasimakasiii,,, semoga bos sukses selalu dan mudah rizkynya… aminnnn…! :2thumbup

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons

Komentar Teranyar

  • Youtube.Com: Hey very nice blog! Look into my web site – Youtube.Com
  • Violette: If some one desires to be updated with newest technologies...
  • sleep apnea test: I’m extremely impressed with your writjng skills as...
  • hair loss black book: Its like you read my mind! You seem to know a lot about...
  • Scorpion VS D'Vorah: Howdy! Someone in my Myspace group shared this site with...

Tag Cloud

Arsip

Login

Advertorial

banner

Special Service